Bidang Perlindungan Konsumen

Bidang Perlindungan Konsumen, mempunyai tugas :
Melaksanakan tugas dibidang Perlindungan Konsumen berdasarkan peraturan perundang-undangan untuk menjamin adanya kepastian hukum serta memberi perlindungan kepada konsumen.
Dalam melaksanakan tugas bidang Perlindungan Konsumen menyelenggarakan fungsi :

  1. menghimpun kebijakan teknis dibidang perlindungan konsumen dan kemetrologian sesuai kebutuhan sebagai pedoman pelaksanaan tugas.
  2. menghimpun data produk barang dan jasa yang beredar serta data kemetrologian sesuai jenisnya untuk mengetahui peredaran dan perkembangannya.
  3. menganalisa data produk barang dan jasa serta kemetrologian untuk mengetahui kualitasnya.
  4. menyusun rencana kegiatan dibidang perlindungan konsumen dan kemetrologian berdasarkan kebutuhan program unit.
  5. melaksanakan pengawasan terhadap barang beredar dan jasa serta kemetrologian secara berkala dan terpadu untuk tertibnya usaha perdagangan dan perlindungan konsumen.
  6. melakukan koordinasi dengan lembaga penyelesaian sengketa konsumen untuk mencari solusi penyelesaian sengketa konsumen.
  7. melaksanakan pembinaan teknis kepada pelaku usaha perdagangan untuk tertibnya peredaran barang/jasa serta penggunaan Alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya (UTTP).
  8. mengkonsultasikan tugas dengan atasan secara lisan maupun tertulis untuk beroleh petunjuk.
  9. mengkoordinasikan pelaksanaan tugas dengan sekretaris dan kepala-kepala bidang melalui rapat/pertemuan untuk penyatuan pendapat.
  10. mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai jabatan untuk tertibnya pelaksanaan tugas.
  11. menyusun laporan pelaksanaan tugas secara berkala sebagai bahan evaluasi
  12. melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh atasan untuk kelancaran tugas unit.

Galeri Foto

    Hubungi Kami

    Jalan Ahmad Nadjamuddin Nomor 25 Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo