Disperindag Gandeng PKK Beri Pelatihan Kerajinan Karawo

Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, menggandeng tim penggerak PKK memberi pelatihan teknik pengirisan kain khas sulaman Karawo, bagi masyarakat setempat.

Kepala Disperindag Kota Gorontalo, Efendi Rauf mengatakan pelatihan itu diprogramkan mengingat pembuatan kain Karawo sangat ditentukan oleh teknik pengirisan yang optimal.

"Jika itu sudah selesai, kami akan melanjutkan pelatihan pembuatan upiya (kopiah) Karanji bagi perajin di seluruh Kota Gorontalo," katanya Rabu.

Semua kegiatan itu diakui Efendi, akan berlangsung di Gedung Sentra Karawo "Otahiya" yang telah dimanfaatkan pemerintah setempat sebagai pusat pengembangan kerajinan khas Gorontalo.

Kegiatan itu diharapkan bisa meningkatkan kualitas dan produksi yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat perajin.

"Ini juga sebagai tugas kami untuk terus mengembangkan UKM, agar peluang kerja bisa semakin besar di Kota Gorontalo," ujarnya.

Direncakana kegiatan itu akan dimulai pada 10-11 Agustus 2017. Sebelumnya, gedung Sentra Karawo Otahiya dibangun dengan dana alokasi khusus (DAK) pada tahun 2016.

Gedung itu dibangun dimaksudkan sebagai pengembangan kerajinan khas Gorontalo, sekaligus mengembangkan keterampilan para perajin UKM.

"Bahkan promosi kerajinan khas Gorontalo bisa dilakukan di gedung tersebut. Saat ini gedung telah dilengkapi dengan mesin obras, jahit dan neci," tambahnya.

Editor: Hence Paat



Berita Terkait

    Hubungi Kami

    Jalan Ahmad Nadjamuddin Nomor 25 Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo